Home > Teknis Operasional > Prosedur Penjualan Kredit Customer Umum

Prosedur Penjualan Kredit Customer Umum

24 September 2009

Penjualan Kredit untuk Customer Umum (Bukan Antar Group) adalah bentuk penjualan kredit yang diawali dengan dibuatkannya Sales Order kemudian diekstrak menjadi Jadwal Pengiriman barang sebagai dasar pembuatan Surat Jalan, kemudian setelah barang dikirim dibuatkan Faktur Penjualannya dan nilai faktur tersebut akan disimpan kedalam tabel Piutang Customer.  Selanjutnya mekanisme pelunasan atas piutang customer tersebut akan terjadi di Kasir. Berikut adalah langkah-langkahnya :

FC_JualKreditUmum

0. Bagian Penjualan akan membuatkan Sales Order atas permintaan dari Customer Umum dalam menu Transaksi – Sales Order [SO] – Pembuatan Sales Order – Sales Order Umum

SOUmum MenuSOUmum Modul

1. Setelah dibuatkan Sales Ordernya, maka Divisi penjualan akan melakukan Otorisasi atas Sales Order yang dibuat tadi dari menu Transaksi – Sales Order [SO] – Otorisasi SO Divisi Penjualan.  Dalam menu ini Supervisor Divisi Penjualan (Bagian Piutang) akan menganalisa mutasi atas Customer bersangkutan untuk menyatakan layak tidaknya Customer tersebut mendapatkan Piutang baru. Saat melakukan analisa Bagian Piutang dapat melakukan pengecekan dari Laporan Analisa Piutang Dagang yang terdapat dalam menu Laporan – Analisa Piutang Dagang.

OtoSOUmum MenuOtoSOUmum Modul

LAnalisaPiutang Menu

2. Sebelum bisa diteruskan pada pembuatan Surat Jalan atas Sales Order bersangkutan, Bagian Penjualan harus melakukan Ekstrak Jadwal Kirim atas SO tersebut dengan memilih menu Transaksi – Sales Order [SO] – Pembuatan Sales Order – Ekstrak Jadwal Kirim.  Saat menentukan jadwal pengiriman ini sebaiknya bagian penjualan melakukan koordinasi dengan bagian pembelian barang atau dengan bagian produksi untuk merencanakan jadwal pengiriman barang dengan menganalisa ketersediaan barang yang dibutuhkan.

EkstrakJK MenuEkstrakJK Modul

3. Berdasarkan Jadwal Kirim yang ada Bagian Penjualan akan membuatkan Surat Jalan yang kemudian diserahkan ke Bagian Gudang untuk diproses pengeluaran barangnya. Pembuatan Surat Jalan dilakukan dengan memilih menu Transaksi – Surat Jalan [SJ] – Pembuatan Surat Jalan – Surat Jalan Penjualan Kredit [Dari SO].

SJKre MenuSJKre Modul1

SJKre Modul2

4. Setelah Bagian Gudang melakukan pengeluaran barangnya berdasarkan pada Surat Jalan yang diminta, kemudian Bagian Gudang memberikan informasinya ke Divisi Penjualan kembali untuk dilakukan Otorisasi atas Surat Jalan bersangkutan.

GudSJJual MenuGudSJJual Modul

OtoSJ Menu

5. Setelah diotorisasi Bagian Penjualan akan membuat Faktur Penjualan atas Surat Jalan tersebut.

FakJual MenuFakJual Modul

6. Faktur Penjualan tersebut nilainya akan tersimpan dalam Tabel Piutang Customer
7. Apabila Customer melakukan pembayaran atas Piutangnya, maka Bagian Kasir akan mengambil nilai-nilai Faktur yang telah tersimpan dalam Tabel Piutang untuk dilakukan pelunasan.

KsrPiutDagang Menu

Demikianlah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melakukan proses transaksi Penjualan Kredit untuk Customer Umum.

EndOfTopik …..

About these ads
Categories: Teknis Operasional
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: