Home > Programming > Update Tabel Transaksi Penjualan Tunai

Update Tabel Transaksi Penjualan Tunai

9 September 2009

Pada saat transaksi penjualan tunai terjadi, dalam sistem akan melibatkan tabel-tabel berikut :

  1. Tabel SJ – Untuk menyimpan data Surat Jalan
  2. Tabel SJDET – Untuk menyimpan rincian item Surat Jalan
  3. Tabel Mutasi barang yang terdiri dari : tabel Mut_BrgBahanBaku, tabel Mut_BrgSetengahJadi, tabel Mut_BarangJadi, tabel Mut_BrgPembantu.  Pemilihan tabel disesuaikan dengan jenis barang yang ada.  Dalam tabel-tabel ini akan disimpan data-data transaksi mutasi pengeluaran barang atas suatu surat jalan yang dilakukan pada saat pengeluaran barang di gudang.
  4. Tabel FAKTUR – Akan menyimpan data Faktur Penjualan
  5. Tabel FAKTURDET – Akan menyimpan rincian item Faktur Penjualan
  6. Tabel FAKTUNAITMP – Akan menyimpan data Faktur yang belum dibayar, dan dipakai sebagai informasi sumber pembayaran faktur di modul Kasir.
  7. Tabel GL_JURNAL – Akan menyimpan data transaksi Jurnal Penjualan Tunai yang muncul dari transaksi Penerimaan Kasir

Berikut penjelasan secara teknis yang terjadi dalam program.

  1. Pada saat Surat Jalan dibuat oleh Bagian Penjualan, data akan diismpan dalam tabel SJ dan SJDet.
  2. Pada saat Bagian Gudang melakukan pengeluaran barang, program akan melakukan update terhadap tabel Mutasi Barang (Disesuaikan dengan Jenis Barangnya bisa Bahan Baku, Barang 1/2 Jadi, Barang Jadi atau Barang Pembantu). Dalam konteks Trading hanya akan berlaku pada Barang Jadi. Update terjadi juga dalam tabel SJ kolom OTO2 dimana didalamnya akan disimpan Nama User Bagian Gudang yg mengotorisasi pengeluan barang.
  3. Pada saat Otorisasi bagian penjualan barang setelah barang dikeluarkan oleh bagian Gudang dalam tabel SJ kolom OTO1 akan diupdate dengan nilai Nama User Bagian Penjualan yg melakukan Otorisasi, selain itu Kolom Fee Sales dan kolom Fee Referentor akan diisi oleh nilai Rupiah yang diisikan pada saat Otorisasi Bagian Penjualan.
  4. Pada saat pembuatan Faktur Penjualan, Program akan memilah Jenis Faktur sesuai dgn Jenis Surat Jalannya, dalam kasus Penjualan Tunai sandi Surat Jalan bernilai “1”, Maka Program Faktur akan membuat Faktur Jenis Penjualan Tunai atas Surat Jalan bersangkutan yang kemudian akan diupdate kedalam Tabel Faktur & FakturDet, selain itu update dilakukan juga terhadap tabel FakTunaiTMP (FAktur Tunai Temporer) dimana informasi dari Tabel ini akan dipakai oleh Bagian Kasir sebagai bahan input Transaksi Penerimaan Kasir Atas Penjualan Tunai.
  5. Modul Kasir Menu Penerimaan Kas Atas Penjualan Tunai akan membuka Tabel FakTunaiTMP sebagai dasar penerimaan kas, kemudian setelah dilakukan penerimaan akan dilakukan Transaksi Jurnal Penerimaan Kas yg diupdate kedalam Tabel GL_JURNAL.  Sampai tahap 5 ini proses transaksi telah selesai.

End Of Topik ……

Categories: Programming
%d bloggers like this: