Home > Teknis Operasional > Penjualan Berhubungan Dgn Fee Sales/Referentor

Penjualan Berhubungan Dgn Fee Sales/Referentor

15 September 2009

Saat Input faktur selain terjadi jurnal diatas, terdapat juga sebuah jurnal yang berhubungan dengan nilai Fee Sales dan Fee Referentor.  Mekanisme yang akan dilakukan disini menggunakan logika pemberian nilai Fee Sales maupun Referentor secara langsung pada saat otorisasi Surat Jalan yang diisi oleh supervisor Penjualan.  Hal ini pada versi selanjutnya akan dibuatkan secara otomatis melalui nilai persentase atau nilai fix yang akan dituangkan kedalam sebuah kebijakan management perusahaan.
Secara prinsip Nilai Fee Sales maupun Fee Referentor akan disisihkan secara langsung pada saat terjadinya transaksi penjualan dan nilainya akan disimpan kedalam sebuah Pos yang dinamakan Cadangan Fee Sales dan Fee Referentor yang disimpan dalam kelompok Pos Hutang Lancar, selain itu akan disimpan juga rincian detail transaksinya kedalam sebuah kartu Fee Sales/Referentor.

Dan Tentang Fee Sales serta Fee Referentor ini juga akan terdapat management pembayarannya, misalnya : pembayaran Fee akan dikeluarkan setiap sebulan sekali.

Berikut adalah transaksi jurnal-jurnal Fee tersebut diatas, sesuai pada waktu terjadinya transaksi :

1. Pada saat terjadinya otorisasi Surat Jalan nilai fee Sales dan Fee Referentor akan diisikan nilainya apabila penjualan bersangkutan mempunyai identitas Sales maupun identitas Referentor.  Dan pada saat Faktur dari Surat Jalan ini dibayar LUNAS sesuai dengan tanggal Jatuh Temponya, maka akan dijurnal sbb :

Biaya Penjualan Fee Sales/Referentor

Pada Cadangan Fee Sales/Referentor

2. Pada saat terjadinya pembayaran Fee Sales/Referentor, akan dijurnal sebagai berikut :

Cadangan Fee Sales/Referentor

Pada Kas/Bank/Giro Keluar

End Of Topik …..

Categories: Teknis Operasional
%d bloggers like this: