Home > Teknis Operasional > Closing Sales Order

Closing Sales Order

21 September 2009

Yang dimaksud Closing Sales Order adalah Proses Penutupan terhadap suatu Sales Order.
Dalam statusnya sebuah Sales Order terdapat dua type yaitu : SO Opened (SO Yang Terbuka) dan SO Closed (SO Yang Tertutup), berikut definisinya :

Sales Order Opened (SO Yang Terbuka)
Adalah sebuah Sales Order yang masih bisa dilakukan proses pengiriman barangnya oleh Surat Jalan.  Hal ini berlaku untuk Sales Order yang masih mempunyai saldo pengiriman dan atau Sales Order yang belum dilakukan proses Closing SO.

Sales Order Closed (SO yang Tertutup)
Adalah sebuah Sales Order yang sudah tidak bisa dilakukan proses pengiriman barangnya oleh Surat Jalan. Yang dapat mengakibatkan sebuah Sales Order tertutup adalah telah selesainya semua proses pengiriman barang atas SO bersangkutan (Nilai saldo pengirimannya sudah Nol) atau Telah dilakukannya proses Closing SO yang bisa  diakibatkan oleh pembatalan SO, pengiriman dinyatakan selesai walaupun saldo pengiriman masih ada atau digantinya SO oleh SO yang lain (hal ini tergantung kepada konteks transaksi yang terjadi secara operasional dan telah mendapatkan keputusan bersama antara Customer & minimal Divisi Penjualan).

Proses Closing ini sebaiknya hanya bisa dilakukan oleh Kepala Divisi Penjualan atau level diatasnya.

Untuk melakukan proses Closing Sales Order ini, masuklah ke Modul Penjualan kemudian pilih menu Transaksi – Sales Order (SO) – Pembuatan Sales Order – Closing Sales Order.

Closing SO

Closing SO View

Categories: Teknis Operasional
%d bloggers like this: